Cara Membuat Website Lengkap

Cara Membuat Website Lengkap

Membuat blog itu gampang banget, kamu ngga perlu skill coding atau kemampuan teknis yang terlalu rumit. Apalagi sekarang sudah banyak platform blog yang bisa kamu pilih. Di pembahasan kali ini saya akan nunjukin ke kamu cara membuat website paling gampang dan hal apa aja yang perlu dipersiapkan.

Tentukan Topik Utama

Pertama tentukan topik utama sesuai dengan minat, blog akan kamu kelola dalam jangka panjang. Jadi pastiin dulu kamu memilih topik yang sesuai dengan hobi dan minat kamu, dengan begitu ketika membuat konten, kamu tak akan merasa terbebani.

Ada banyak sekali topik blog yang bisa kamu angkat. Mulai dari traveling, kuliner, kecantikan, marketing dan lain sebagainya. Tapi poin pentingnya jangan percaya kata-kata orang yang mengatakan kalau topik-topik tertentu saja yang menghasilkan uang.

Sebab setiap topik selalu punya audiensnya masing-masing. Malahan, semakin unik topik yang kamu pilih semakin mudah kamu diingat oleh audiens.

Platform Website

Sebetulnya ada banyak sekali platform blog yang bisa kamu pilih. Misalnya wordpress, blogspot, wix, weebly dan lain sebagainya. Platform blog ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Cara membuat website paling praktis yakni menggunakan platform yang sudah tersedia seperti yang telah saya sebutkan tadi, karena selain mudah dan GRATIS juga fitur keamanan sudah terjamin.

platform website 2020
platform website 2020
Tapi supaya mudah, kami sarankan kamu untuk pakai wordpress 2020 ya. Kenapa?

  1. wordpress sangat ramah untuk pemula
  2. walau mudah digunakan bukan berarti blog yang dihasilkan berkualitas rendah.
  3. wordpress punya komunitas pengguna yang sangat besar

Jadi ketika anda butuh bantuan ada banyak sekali orang yang bisa membantu anda, terlebih lagi banyak tutorial website dimana-mana.

Web Hosting Terbaik

Ada berbagai jenis hosting yang bisa kamu gunakan dari shared hosting, cloud hosting, hingga vps hosting. Dalam memilih web hosting terbaik 2020, kamu harus menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan yang nantinya akan digunakan.

Jangan sampai, membeli server hosting dengan harga mahal namun sebenarnya kebutuhan website kamu masih belum besar. Atau bahkan, kebutuhan website dengan trafik tinggi tapi membeli hosting murah September 2020 yang resource nya sangat rendah.

web hosting terbaik 2020
web hosting terbaik 2020
Shared hosting adalah jenis hosting yang paling cocok untuk blog di tahap awal. Alasannya sederhana karena shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah dan paling mudah juga untuk dikelola.

Kami menyarankan Anda untuk membeli web hosting di niagahoster 2020, alasannya penyedia hosting ini sangat handal dan cukup bagus performa dibanding penyedia lain.

Baca juga:

  1. Review Niagahoster Terbaru September 2020
  2. Beli Paket Hosting Niagahoster

Pilih Domain

Selain hosting terbaik indonesia, kamu juga butuh nama domain untuk website maupun blog. Domain adalah alamat yang digunakan untuk dapat mengakses website kamu, karena tanpa domain maka orang akan kesulitan mengenali websitemu dengan alamat IP yang berupa nomor panjang.

pengertian domain adalah
pengertian domain adalah

Untuk mempermudah kamu dalam memahami, berikut ini contoh domain yang ada:

  1. detik.com (ekstensi COM)
  2. beritateknologi.id (ekstensi ID / domain indonesia)
  3. investasi.online (ekstensi ONLINE)

Supaya tak bingung saya punya 4 tips untuk menentukan nama domain yang bagus.

  • pilih nama domain yang mudah dieja / ditulis.
  • pilih nama domain yang singkat.
  • hindari angka dan tanda hubung.
  • pastikan nama domain kamu berhubungan dengan topik atau konten blog kamu.

Nah, itu tadi semua hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat blog. Sudah ada gambaran, kan? sekarang simak pembahasan selanjutnya untuk mendapatkan panduan lengkap membuat blog menggunakan wordpress untuk mendapatkan panduan menarik lainnya.

Cara Membuat Website WordPress

Setelah memiliki domain dan hosting saatnya kamu membuat blog, Di pembahasan kali ini saya akan nunjukin cara membuat blog dengan wordpress hingga kamu bisa membuat postingan pertama.

Jadi perhatikan pembahasan ini sampai selesai, ketika sudah mengaktifkan akun hosting kamu akan mendapatkan akses cpanel untuk mengelola website. Dari cpanel inilah, kamu akan melakukan instalasi wordpress.

Berikut panduan untuk menginstall wordpress: silakan login ke cpanel kamu. Caranya:

  • klik link yang diinformasikan melalui email. Biasanya, link berbentuk: namadomain/cpanel.
  • Buka softaculous installer. Pada bagian softaculous apps installer klik logo wordpress.
  • Klik tombol install now pilih domain lalu, masukkan username dan password.
  • Langkah selanjutnya, klik install. Bagaimana mudah kan? selanjutnya kita pilih tema dan pengaturan dasar agar wordpress kamu bisa segera digunakan.

Login ke dashboard wordpress kamu melalui alamat contoh.com/wp-admin. Untuk mengganti tema buka dashboard wordpress, lalu klik menu appearance lalu klik themes dan klik add new.

Kemudian, pilih tema yang sesuai dengan blog kamu. Kami memiliki rekomendasi tema gratis dan menarik di sini.

Di panduan kali ini kami akan menggunakan tema minimalist blog, tujuannya agar tidak terlalu lebar ya pembahasannya. Selanjutnya kamu perlu membuat menu di website atau blog, begini caranya:

  • klik dashboard wordpress
  • klik appearance dan klik menu
  • Buatlah menu – menu yang penting seperti (Homepage about contact, dll)

Sekarang giliran membuat postingan pertama di blog, caranya melalui dashboard klik post dan klik new post. Kamu tidak hanya bisa membuat konten berupa tulisan, Kamu juga bisa menambahkan gambar ataupun video.

Setelah konten siap publish jangan lupa menambahkan featured image agar postinganmu lebih menarik lalu klik publish. Kamu juga perlu melakukan pengaturan permalink agar link postinganmu tampak lebih menarik dan seo friendly.

Begini caranya masuk ke menu settings dan klik permalinks, Pilih yang “post name” karena paling singkat dan juga mudah diingat. Hingga tahap ini, kamu sudah bisa membuat posting dan mulai ngeblog.

Tapi ada beberapa pengaturan dan optimasi yang masih harus kamu lakukan, blog kamu memerlukan optimasi agar dapat bekerja secara maksimal. Kabar baiknya wordpress memiliki banyak plugin yang membantu kamu untuk melakukan optimasi.

Apa saja sih plugin yang perlu kamu install? dan bagaimana cara install plugin wordpress?

Untuk melakukan install plugin kamu perlu masuk ke nama contoh.com/wp-admin lalu menuju ke menu plugin klik tombol add new, dan pilih plugin yang ingin kamu install. Mudah kan? lalu, optimasi dasar apa saja yang perlu kamu lakukan?

Optimasi Kecepatan WordPress

Pertama kamu perlu melakukan optimasi kecepatan menggunakan plugin cache, tentunya pengunjung tidak suka website atau blog yang loading-nya lama. Selain itu, google juga menyukai website atau blog yang loading-nya cepat.

Kecepatan loading menjadi salah satu faktor dalam penilaian google untuk menentukan peringkat website kamu. Untuk mempercepat loading blog atau website kamu bisa memasang plugin caching.

Aku merekomendasikan kamu untuk install salah satu diantara berikut ini:

  1. Litespeed WordPress
  2. Wp Fastest Cache

Optimasi Keamanan WordPress

Selain dari sisi kecepatan hal penting yang harus kamu perhatikan yakni sisi keamanan, Kamu perlu melakukan optimasi keamanan dengan selalu mengupdate versi wordpress menggunakan password yang rumit hingga menggunakan plugin tambahan seperti wordfence.

Tips lengkap untuk mengamankan wordpress sudah kami rangkum dalam artikel blog dan pembahasan lho.

Optimasi SEO 2020

Pengaturan seo harus dilakukan sejak pertama kali website dibuat, terdapat banyak tahap untuk mengatur seo wordpress di website anda. Salah satunya ialah dengan memasang plugin seo terbaik 2020.

Kamu bisa memanfaatkan plugin seperti yoast seo 2020 untuk optimasinya. Fitur yang dimiliki oleh plugin yoast seo sudah cukup lengkap untuk meningkatkan seo sebuah website.

Berikut ialah beberapa pengaturan yang bisa kamu lakukan serta fitur dari yoast seo:

  1. mengubah seo title dan meta description pada setiap postingan.
  2. konfigurasi meta robot.
  3. verifikasi google webmaster tools, bing dan yandex.
  4. xml sitemap.
  5. breadcrumbs.
  6. permalinks.
  7. meta robot.
  8. snippets.
  9. analysis.

Jika kamu sudah mengatur seo wordpress 2020 dengan benar kemungkinan akan ada banyak trafik yang masuk ke website, untuk mengetahui bagaimana perilaku pengunjung di website atau blog kamu kamu bisa menggunakan google analytics.

Lewat google analytics kamu bisa tahu apa yang mereka cari artikel mana yang paling banyak pembacanya artikel mana yang kurang populer dan berapa lama pengunjung membaca blog.

Insight tersebut dapat anda manfaatkan untuk bisa menyediakan konten yang lebih baik untuk pengunjung. Itu tadi semua langkah cara membuat website dan cara optimasi website terbaru September 2020. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *