Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Di pembahasan kali ini, Kamu akan mendapatkan panduan lengkap cara memulai bisnis online meskipun kamu bisa dibilang awam.

Mulai dari menentukan produk apa yang akan dijual, hingga memasarkan produk tersebut. Nah, kira-kira gimana sih cara memulainya?

Setidaknya, ada sembilan langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online bagi pemula.

  1. Temukan Masalah yang sedang dihadapi Pasar.
  2. Lakukan Riset Pasar.
  3. Lakukan Analisis Kompetitor.
  4. Cari Model Bisnis yang Sesuai.
  5. Tentukan Target Pasar yang Pas untuk model bisnis.
  6. Buat Produk.
  7. Buat website resminya.
  8. Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat.
  9. Pertahankan Pelanggan yang Setia.

Begini satu per satu penjelasan lengkapnya.

Temukan Masalah yang dihadapi Pasar

Ketika Kalian akan memulai bisnis online 2020, bisnis apa pun itu yang pertama harus Kalian pikirkan yakni apakah produk Kamu itu dibutuhkan oleh pasar? Dan, apakah produk Kamu bisa menyelesaikan masalah para konsumen?. Untuk mengetahuinya, coba lakukan tutorial berikut ini.

Kalian harus mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi para konsumen Kalian. Ada ratusan, bahkan ribuan masalah yang dihadapi oleh konsumen. Coba lakukan observasi pasar dan cari tahu apa sih masalah yang bener-bener dihadapi oleh banyak konsumen Anda.

Cari business opportunity di mana saja. Poin pentingnya, Kalian jangan terpaku pada asumsi diri Kalian sendiri. Yang terpenting, Kalian bisa melakukan obsevasi. di internet, di marketplace, media sosial, forum review, bahkan di grup-grup Facebook.

Pilih masalah dengan potensi bisnis, tidak semua masalah mempunyai potensi bisnis. Jadi, di list yang sudah dibuat lalu kalian coret masalah-masalah yang sekiranya ngga punya potensi. Dan, pilih satu masalah yang paling punya potensi bisnis lalu hadirkanlah solusinya.

Riset Pasar

Hal yang kedua yang harus kamu lakukan ialah melakukan Riset Pasar. Setelah Kamu memilih masalah yang punya potensi bisnis, Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Karena kita ngga bisa memulai suatu bisnis hanya dengan asumsi pribadi saja.

Hal termudah dan tercepat yang bisa Kamu lakukan untuk melakukan riset pasar adalah melalui bantuan mesin pencarian online atau search engine.

Riset Keyword

Jadi kamu bisa tahu apa yang dicari orang untuk masalah yang mereka hadapi di mesin pencarian. Dari hasil pencarian tersebut, Kamu bisa menemukan solusi dari masalah yang dicari oleh calon konsumen Kamu.

Selain itu, Kamu juga bisa mengecek di tools-tools riset keyword 2020 seperti:

  1. Google Trends
  2. Uber Suggest / Neil Patel
  3. SEMRush
  4. Ahrefs

Poin yang bisa kalian dapatkan diantaranya yakni tren pencarian, kemudian kata kunci apa yang terkait, lalu Kalian juga bisa tahu seberapa besar volume pencarian, serta lokasi asal pencariannya.

Kamu juga bisa cek apa yang sedang tren di sosial media dengan bergabunglah ke forum.  Konsumen biasanya punya forum-forum atau group tersendiri yang membahas tentang produk apa yang mereka konsumsi atau gunakan.

Nah, coba masuk ke forum-forum tersebut, dan lihat apakah ada peluang pasar serta apa yang sebenarnya konsumen butuhkan.

Analisis Kompetitor

Lakukan Analisis terhadap Kompetitor kalian. Kalau kalian ingin mengalahkan kompetitor, maka, Kalian harus tahu dulu seperti apa kompetitor yang Kalian hadapi.

  • Seperti, kelebihan mereka apa?
  • Bagaimana cara mereka mendekati konsumen?
  • serta seperti apa kelemahannya?

Nah, berikut ini ialah beberapa cara yang paling mudah dilakukan ketika Kalian ingin menganalisis kompetitor.

Website kompetitor

Kunjungi website mereka dan perhatikan setiap detailnya. Misalnya seperti. Apa foto produk mereka? Bagaimana mereka menampilkan produk dan detailnya? Kemudian, pelajari juga metode pembayaran apa saja yang mereka tawarkan? hingga metode pengiriman barang yang mereka sediakan?

Media sosial kompetitor

Selain website resmi, Anda juga perlu menganalisis media sosial milik kompetitor. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Seperti apa media sosial yang mereka gunakan?
  • Seberapa aktif mereka memposting di social media?
  • Apakah mereka responsif terhadap komentar pelanggan di media sosial?
  • Seperti apa konsep postingan mereka di media sosial?
  • Apakah mereka memanfaatkan influencer di media sosial?
  • Siapa influencer yang digunakan?

Cari review kompetitor

Menganalisis website dan media sosial kompetitor saja tidak cukup, Anda juga perlu mengecek review dari pelanggan mereka. Dari review produk, Anda bisa mendapatkan informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan kompetitor langsung dari pelanggan.

Bandingkan harga kompetitor

Harga masih menjadi salah satu faktor penting. yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli suatu produk. Anda harus membandingkan harga produk dari semua kompetitor Anda, Berapa harga rata-rata produk yang sama di pasaran?

Hingga, di angka berapa, konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

Cari Model Bisnis

Riset Kamu tidak terhenti hanya sampai di target pelanggan dan target produk yang akan dijual. Tapi, Kamu juga harus menentukan model bisnis mana yang sekiranya paling menguntungkan. Pikirkan secara matang, model mana yang kamu pilih.

Kamu bisa menjadi :

  1. reseller
  2. dropsip
  3. program afiliasi
  4. stock barang

Tentukan Target Pasar

Dengan mempunyai target pasar yang spesifik, Kamu bisa mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, Anda jadi akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing.

  • Kelompokkan target pasar
  • Buat buyer persona yang spesifik.

Tujuannya agar Anda bisa lebih fokus untuk menguasai target pasar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah untuk menyusun strategi marketing yang sesuai dengan target pasar.

Buat Produk

Jika Kalian akan menjual produk yang memerlukan proses produksi, kini saatnya Kalian untuk membuat produk terlebih dahulu. Berdasarkan riset pasar, analisis kompetitor, serta penentuan target pasar, Kamu bisa memilih bahan baku yang paling sesuai untuk produk yang akan Kamu produksi.

Nah, selanjutnya Kalian juga perlu tahu. Apakah pasar yang Kalian targetkan lebih mementingkan kualitas dibanding harga?

Atau harga dibanding kualitas? Nah, dengan mengetahui hal tersebut kita bisa menekan harga dari produk yang akan kita produksi.

Membuat Website

Membuat website untuk bisnis online September 2020 sekarang sangat mudah. Kamu ga perlu bisa programming ataupun coding untuk bisa bikin website yang bagus. Nah, gimana cara membuat website? Cukup menggunakan platform WordPress.

Kita udah punya artikel dan pembahasan panduan cara membuat website wordpress

Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Pemasaran bisnis online tidak bisa asal-asalan, Kamu memerlukan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis online kepada target market yang tepat. Dengan pesan marketing yang sesuai, berikut ini beberapa strategi yang bisa Kamu terapkan.

Manfaatkan Google Bisnisku

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni mendaftarkan bisnis online di Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap tentang bisnisnya.

Dari mulai nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review.

Optimasi SEO

Agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google, website bisnis online Anda harus berada. di halaman pertama hasil pencarian. Lalu, bagaimana caranya. agar website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google?

Caranya yakni dengan optimasi SEO 2020. Anda bisa mempelajari langkah optimasi SEO pada pembahasan khusus yang sudah pernah kami bahas lengkap.

Maksimalkan media sosial

Wajib bagi pemilik bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Mengingat masyarakat Indonesia memang merupakan masyarakat yang aktif di jejaring sosial.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan media sosial untuk bisnis online. Pastiin dulu Anda sudah memiliki strateginya ya!

Pertahankan Pelanggan Setia

Kita tahu kita harus menarget selalu pelanggan baru, tapi jangan lupa bahwa kita harus mempertahankan pelanggan yang lama. Berikut ini ialah beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan setia Anda:

Dedikasikan Customer Support

Jika Anda tak mampu menangani keluhan pelanggan bersiaplah untuk kehilangan para pelanggan setia. Maka dari itu, Anda baiknya menginvestasikan customer support untuk brand Anda.

Loyalty card

Yang dimaksud Loyalty card adalah salah satu cara untuk mengajak pelanggan untuk terus membeli dan menggunakan sebuah brand. Sistem loyalty card pada umumnya memberikan poin tertentu yang ditabung hingga nilai tertentu. Kemudian pelanggan akan mendapatkan hadiah atau produk gratis.

Email marketing

Tak semua pelanggan mengikuti media sosial sebuah brand, Mereka juga belum tentu mengecek website atau marketplace brand Anda. Komunikasi lewat email atau email marketing merupakan cara yang efektif dan personal. Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan produk-produk terbaru ke segmen pelanggan yang spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *